December 22nd, 2012 @ // No Comments

Konsumsi BBM Ayla Tembus 27,1 km/Liter

Pada pelaksanaan event Daihatsu Eco-Challenge Competition di Bridgestone Proving Ground beberapa waktu lalu (6/11), Astra Daihatsu Ayla yang dikemudikan oleh rekan jurnalis menembus angka efisiensi penggunaan BBM hingga 27,1 km/liter. Namun angka ini bukanlah angka tetap konsumsi BBM Astra Daihatsu Ayla.

Pada dasarnya kompetisi efesiensi BBM hanyalah bentuk kegiatan pemicu, bagi pengendara agar bisa menerapkan tehnik dan pola berkendara yang Ekonomis. Poin besar dari tehnik berkendara yang Eco-Driving, mengacu pada pola menginjak gas yang merunut dan konstan, melakukan perpindahan gigi sesuai dengan kondisi jalan, melakukan engine brake, serta mengurangi bobot kerja mesin agar tidak bekerja ekstra berat yang berakhir pada borosnya konsumsi BBM.

Setelah mendapatkan paparan mengenai teknologi Eco-Driving serta tehnik berkendara Eco-Driving yang diberikan oleh Shingo Kubo, Overseas Business Group Product Division DMC, rekan-rekan jurnalis didaulat untuk mempraktekannya secara langsung.

Alhasil mayoritas jurnalis yang datang, dapat menerapkan tehnik tersebut sehingga dapat meraih konsumsi BBM yang rata-ratanya masuk dalam kategori hemat penggunaan BBM. Dan hasil dari Eco-Driving kontes, rekan-rekan jurnalis dapat meraih konsumsi rata-rata 24km/liter hingga 27km/liter (transmisi manual) dan 20km/liter hingga 21km/liter (transmisi matik).


“Pada dasarnya kami men-challenge rekan-rekan jurnalis untuk dapat mencapai konsumsi BBM yang maksimal pada Ayla, semata agar rekan-rekan jurnalis mendapatkan jawaban atas informasi konsumsi BBM Ayla. Namun sesungguhnya kami ingin berperan untuk menggalakkan, tehnik berkendara yang Eco-Driving, dan dapat diterapkan dalam pola berkendara sehari-hari,” papar Amelia Tjandra, disela-sela kompetisi Eco-Driving. (RAO)


Tags: ,

Leave a Reply